5 Cara Berjualan Online Untuk Pemula 2020

Ini hari berjualan online ialah pekerjaan yang banyak disukai. Kamu ingin berjualan online jadi pekerjaan penting atau saingan tetapi tidak paham harus mengawali darimanakah. Berikut panduan berjualan online untuk pemula:


Cara Berjualan Online Untuk Pemula 2020




Langkah Berjualan Online Untuk Pemula


1. Gunakan media sosial
 
Langkah awal yang penting dikerjakan oleh pemula ialah membuat media sosial. Media sosial dapat berbagai macam baik instagram, twitter atau facebook. Media sosial ini bermanfaat untuk cari rekan sebanyaknya serta memperkenalkan dirimu.

Oleh karena itu, sesudah membuat account media sosial, kamu harus add rekan sebanyaknya sebab beberapa orang berikut yang nanti akan jadi sasaran pasar kamu. Kamu dapat memberikan tambahan siapapun, bukan hanya rekan di dunia riil, tetapi orang asing yang tidak kamu mengenal.

Kamu jangan langsung tergesa-gesa berjualan di online market seperti shopee, bukalapak atau tokopedia sebab tidak hanya lebih susah untuk dipelajari, susah untuk mempromokan sebab kamu belum diketahui.

2. Ramaikan media sosial anda
 
Sesudah kamu mempunyai banyak rekan, pekerjaan kamu saat ini ialah memeriahkan media sosial kamu. Ini penting agar akunmu dikenal serta status-statusmu ada seringkali di timeline mereka. Misalnya bila kamu membuat instagram, kamu dapat memeriahkan instagram kamu dengan teratur mengupload foto-foto bagus atau beberapa kalimat motivasi/lucu yang disukai beberapa orang. Janganlah lupa untuk mengikutkan tagar di kelompok photo itu agar postinganmu terlacak oleh orang luas.

Kamu dapat juga ikuti selebgram-selebgram lantas ikut memberikan likes serta komentar pada posting mereka. Bila komentarmu bagus, kamu akan mendapatkan banyak Like dari beberapa orang. Satu atau dua dari account yang memberikan like itu tentu ada yang selanjutnya kepo ke akunmu yang berbuntut stalking serta sampai following bila ia temukan hal yang menarik disana.

3. Tetapkan tipe produk
 
Sesudah kamu mempunyai banyak rekan media sosial dan berhubungan dengan cukup aktif dengan mereka, berikut waktunya berjualan. Tetapkan produk yang ingin dipasarkan dengan analisa mengenai apapun yang kemungkinan laris. Kamu dapat analisa di lingkungan terdekatmu apa yang terbanyak diperlukan atau apa yang terbanyak dicari.

Contoh, bila rekan-rekan sosial mediamu ialah perempuan-perempuan menikah, kamu dapat berjualan daster, babydoll, atau pakaian anak. Bila teman-temanmu ialah cowok-cowok remaja, kamu dapat berjualan sepatu, arloji atau kaos untuk cowok. Coba untuk pilih barang pada harga yang standar terlebih dulu untuk menguji pasar.

4. Gunakan semua basis muntuk berdagang
 
Langkah ini dapat digunakan bila kamu tidak memiliki pekerjaan lain di luar. kamu dapat membuat account di beberapa media sosial sekaligus juga account di online market seperti bibli atau shopee. Makin banyak media berdagang, kesempatan kamu mendapatkan konsumen makin besar.

Tetapi bila kamu memiliki tuntutan pekerjaan di luar usaha online atau cukup repot untuk mengurus semua, kamu cukup mengoptimalkan satu atau dua media sosial. Jangan berusaha untuk menggunakan semua basis sebab akan kewalahan.

Jadi penjual pemula kamu harus memberi kesan-kesan awal yang menarik pada konsumen. Layanilah mereka sebaik-baiknya agar mereka tidak kapok berbelanja ke kamu. Janganlah lupa detail-detail service penting seperti fast respond serta good packing.

5. Pilih untuk jadi reseller/dropship/jastip
 
Jualan online memberikana beberapa pilihan yang dapat dicoba oleh pemula. Tidak seperti jualan konvesional dimana kamu harus beli barang dulu, sewa lapak, sewa penjaga lapak/menanti lapak kamu sendiri hingga kamu tidak dapat kerjakan hal-hal lain, jualan onlie tambah lebih efisien dari semuanya.

Ada 3 tipe jualan online yang dapat kamu coba. Kamu dapat jadi reseller atau pedagang eceran. Dengan jadi reseller, kamu dapat beli barang dengan jumlahnya sedikit untuk kurangi risiko tidak untung atau kelamaan laris.

Serta di zaman online saat ini, kamu bisa mempromokan dulu barang daganganmu dengan katalog yang diberi oleh grosir, lantas baru belanja ke grosir saat kamu telah mendapatkan konsumen.

Terdapat beberapa grosir yang buka skema reseller. Kamu dapat menelusurinya di instagram, facebook atau online market dengan menulis kata kunci (keyword) reseller. Ada skema dropship. Di skema ini kamu tak perlu belanja barang, mengepaknya serta mengirim ke alamat konsumen.

Kamu cukup mempromokan catalog barang, terima konsumen lantas grosirlah yang akan mengirim barang ke konsumen atas nama kamu. Kamu tinggal terima uang dari konsumen. Skema paling akhir ialah jastip/layanan titip.

Di skema ini kamu terima layanan untuk membelikan beberapa barang khusus. Umumnya jastip digunakan untuk penjualan barang yang susah dicari. Dapat juga digunakan oleh beberapa orang yang tinggal di kota serta dekat sama mall/supermarket untuk membelikan barang ke beberapa orang yang tinggal di wilayah yang aksesnya terbatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel