Berikut Langkah Terbaru Menangani Download Tertunda di Play Store

Berikut Langkah Menangani Download Terlambat di Google Play Store


https://www.virusprotec.com/2020/03/berikut-langkah-menangani-download.html


Kamu pemilik Perangkat Android? Bila iya, tentu kamu seringkali download aplikasi serta game dari Google Play Store. Sudah selayaknya, sebab Google Play Store adalah fasilitas distribusi digital sah yang ada pada Android.

Bisa memperoleh aplikasi dengan lain seperti cari file APK yang menyebar luas di internet. Tetapi, langkah ini cukup beresiko mengingat file-file itu bisa memiliki kandungan virus beresiko yang bisa membuat perangkatmu eror. Disamping itu, Google Play Store berperan untuk penyuplai info aplikasi yang diperlukan. Kamu dapat lihat jejeran aplikasi paling baik untuk keyword khusus serta lihat langsung penjelasan yang diberi pemakai lain untuk bahan alasan.

Bukan hanya hanya itu keuntungan yang dapat didapat. Karena feature auto-update yang diusung Google Play Store, semua game serta aplikasi yang kamu Download tentu tetap ada pada versus paling baru.

Tetapi, Google Play Store bukan tanpa ada cela. Sering pemakai dipusingkan oleh masalah yang menghalangi proses Download dikarenakan tulisan “download pending” atau yang dalam bahasa Indonesianya yaitu “Download tertunda”.

Permasalahan ini berlangsung sesudah kamu lakukan tap pada tombol Install serta proses instalasi tampilkan tulisan barusan. Umumnya, kamu perlu menanti sesaat sampai progress bar-nya memperlihatkan angka %. Tetapi jika sedang apes, tulisan “download tertunda” ini tidak hilang-hilang berapa lama juga kamu menanti.

Mengesalkan, kan? Untung saja Carisinyal sudah sediakan cara-cara menangani Download terlambat pada Play Store dengan cepat dan mudah.

Kenapa Masalah “Download Tertunda” Berlangsung?


Sebagai aneh ialah masalah ini susah ditebak kapan datangnya. Kadang kamu dapat download dengan lancar, kadang tidak. Walau kesannya ini berlangsung dengan cara acak, kamu perlu tahu jika ada banyak pemicu yang sangat mungkin ini berlangsung.

1. Koneksi Tidak Lancar

Download aplikasi dari Google Play Store tentunya membutuhkan internet. Jika internet kamu lancar, peluang proses Download akan berjalan lancar.

Karenanya, jika masalah “download tertunda” berlangsung sama kamu, kemungkinan perlu dicheck kembali apa Perangkat Android kamu tersambung dengan internet yang kuat.

Check apa kamu tersambung dengan WiFi yang benar, apa kamu masih mempunyai paket, serta apa batas penggunaan FUP (Fair Usage Policy) telah habis. Kamu dapat juga memeriksa keadaan internet kamu dengan coba searching. Jika waktu searching lancar tetapi kamu masih alami masalah “download tertunda”, kemungkinan kamu perlu pikirkan fakta lain.

2. Ada Aplikasi Lain yang DiDownload

Waktu download aplikasi di Google Play Store, kamu dapat mendesak tombol Install pada aplikasi sekitar apa saja. Tetapi, perlu diingat proses download tetap dilaksanakan satu demi satu.

Jadi, jika kamu bingung kenapa tulisan “download tertunda” tidak hilang-hilang, periksalah adakah proses Download lain yang belum usai.

3. Ingatan Internal Tidak Cukup

Tiap aplikasi yang diDownload terbagi dalam komponen-komponen seperti gambar atau script. Itu kenapa aplikasi akan mengonsumsi ruangan saat diinstal. Jika kamu berupaya download aplikasi serta ingatan internal telah penuh, bisa saja berikut fakta kenapa masalah “download tertunda” dapat berlangsung.

Langkah Menangani “Download Tertunda” pada Play Store


Sesudah tahu alasan-alasan di atas, kamu kemungkinan sudah tahu langkah menanggulanginya. Tetapi, cukup banyak juga masalah “download tertunda” ini masih berlangsung walau kamu telah mempunyai internet yang cepat, ingatan internal yang cukup, serta tidak ada aplikasi yang sedang diDownload.

Jika permasalahan ini masih berlangsung pada Android kamu, tak perlu frustasi. Coba kerjakan beberapa cara berikut ini untuk menangani “download tertunda” pada Google Play Store. Oh iya, untuk info, penulis memakai Xiaomi Mi A1 (Android 9) waktu tuliskan panduan ini. Navigasi kemungkinan tidak sama di tiap Perangkat serta versus Android.


1. Nyalakan Model Pesawat serta Matikan

Walau kamu merasakan kecepatan searching kamu normal, belum pasti permasalahannya bukan terdapat pada koneksi. Kadang ada-ada saja masalah yang berlangsung pada koneksi tanpamu ketahui. Supaya makin percaya, coba untuk me-reset koneksi kamu dengan berikut.


  • Kerjakan swipe bawah pada bar pemberitahuan untuk buka quick seting
  • Biasanya, akan ada pilihan menu model pesawat. Tap sekali untuk aktifkan model itu.
  • Yakinkan jaringan mobile serta WiFi jadi tidak aktif. Lantas, tap satu kali lagi pada menu model pesawat untuk mematikannya kembali.
  • Jaringan mobile akan kembali nyala. Jika kamu memakai WiFi, hubungkan kembali Perangkat pada nama WiFi yang aktif.
  • Coba batalkan Download pada Play Store serta tap tombol Install satu kali lagi.

Nantikan beberapa menit sampai tulisan “download tertunda” lenyap serta bertukar dengan info MB dan angka berbentuk %. Jika rupanya belum hilang sepanjang semenit, kamu dapat coba langkah lain.


2. Kerjakan Clear Cache

Perlu untuk diketahui, aplikasi yang pernah kamu membuka di Perangkat Android akan simpan file sesaat. File sementar ini tersimpan pada penyimpanan namanya cache. File sesaat ini bermanfaat supaya kamu dapat buka aplikasi yang sama untuk ke-2 kalinya lebih cepat.

Tetapi, kadang cache memiliki kandungan data leftover atau “sisa” dari download-download yang pernah kamu kerjakan. Ini dapat punya pengaruh pada proses unduh setelah itu, karenanya seharusnya kamu kerjakan clear cache dengan beberapa langkah di bawah ini.

  • Membuka menu Seting pada Perangkat Android kamu.
  • Pilih menu Storage atau Penyimpanan
  • Pilih menu Other Apps
  • Akan ada penampilan daftar aplikasi yang terinstal di perangkatmu. Cari serta pilih tulisan “Google Play Services” pada daftar.
  • Pilih menu Clear Cache, info ukuran Cache yang tercantum akan menjadi 0 B.
  • Menghilangkan aplikasi Google Play Store dari daftar aplikasi yang berjalan di background (running latar belakang), membuka kembali Google Play Store serta coba unduh kembali.

Semoga cara penghilangan cache ini dapat menangani permasalahan “download tertunda” pada Google Play Store. Bila belum sukses, jangan cemas! Masih ada langkah lain yang dapat kamu coba.

3. Restart Perangkat Android

Bila telah lakukan beberapa cara barusan tetapi sukses , waktunya lakukan jalan keluar yang termasuk ampuh menangani beberapa permasalahan : dengan lakukan restart.

Sebagian besar Perangkat (PC atau Android) akan mempunyai beberapa jenis aplikasi yang berjalan di background. Ini selanjutnya memberi dampak pada Perangkat yang bisa membuatnya lelet, tidak responsive, atau memiliki masalah.

Waktu di-restart, Perangkat seakan menyala kembali dengan kondisi yang masih tetap “fresh”. Triknya juga cukup gampang, kamu tinggal perlu mendesak tombol power yang lama sampai ada pilihan untuk restart.

4. Kerjakan Factory Reset

Belum juga sukses ? Yang sabar ya. Untung masih ada langkah paling akhir yang penulis jamin akan menangani permasalahan kamu, yaitu dengan factory reset.

Sesuai dengan namanya, factory reset akan kembalikan keadaan Perangkat pada kondisi sebelumnya waktu pertama kamu membelinya. Langkah ini tidak disarankan sebab akan meniadakan semua aplikasi, kontak, serta data yang tersimpan pada ingatan internal.

Jika memang sungguh harus gunakan langkah ini, kamu dapat mem-backup semua kontak serta filemu. Jika Perangkat Android kamu gunakan microSD, kamu dapat alihkan semua file seperti photo, video, serta dokumen ke ingatan external.

Kontakmu juga seharusnya disinkronkan pada account Google agar nanti dapat dipulihkan dengan gampang. Telah siap lakukan factory reset? Inilah cara-caranya.

  • Bukalah menu Seting serta pilih “Reset options”
  • Selanjutnya, pilih menu “Erase all data (factory reset) ”
  • Kamu akan diberikan info tentang data apapun yang akan terhapus. Akan ada deretan account yang tersambung pada Perangkat Android kamu. Scroll sampai ke bawah serta kerjakan tap pada tombol “Reset phone”
  • Nantikan sesaat serta turuti petunjuk setelah itu yang diperlihatkan di monitor (bila ada)

Sesudah Perangkat Android di-reset, silahkan sambungkan kembali account Googlemu. Unduh kembali beberapa aplikasi penting dan aplikasi yang awalnya tidak berhasil kamu unduh.

Nah, itu barusan cara-cara yang dapat kamu aplikasikan untuk menangani masalah “download tertunda” di Google Play Store. Upayakan untuk kerjakan langkah pertama terlebih dulu, baru kerjakan beberapa cara selanjutnya bila belum juga sukses. Mudah-mudahan mujur ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel