11 Langkah Ngecas Ponsel yang Benar, Baterei Awet serta Tahan Lama

11 Langkah Ngecas Ponsel yang Benar, Baterei Awet serta Tahan Lama


Hampir tiap orang mempunyai handphone tapi belum pasti tiap orang tahu langkah ngecas ponsel yang benar. Banyak masalah ponsel meledak yang dikarenakan oleh baterei kepanasan atau overheat.

Salah satunya pemicu baterei kepanasan ialah kekeliruan pemakai saat ngecas atau isi daya ponsel. Karenanya, kamu harus tahu langkah ngecas ponsel yang benar. Lantas bagaimanakah cara mengecas ponsel baru? Rasa-rasanya tidak ada tidak sama. Karena baterei ponsel saat ini telah makin hebat, jadi tak perlu negcas ponsel baru sepanjang 8 jam saat pertama-tama dipakai.

Karena itu, kami akan coba beri bagaimanakah cara mengecas ponsel yang benar, maksudnya supaya baterei ponsel awet serta lebih bertahan lama. Yuuk, baca penjelasannya berikut ini.
Langkah Ngecas Ponsel yang Benar

https://www.virusprotec.com/2020/04/11-langkah-ngecas-ponsel-yang-benar.html

Berikut 11 langkah ngecas ponsel yang benar :


1. Gunakan Charger Asli

Kamu harus memakai charger asli bawaan pabrikan sebab charger asli telah ditata untuk dapat isi baterei ponsel secara baik. Sebenarnya, banyak pemakai yang mengecas ponselnya dengan pinjam charger orang lain.

Charger USB yang Kamu pakai akan mempunyai kapasitas yang tidak sama, khususnya mengenai arus ampere. Ada charger yang punyai arus 2A serta ada pula yang 1A. Hal tersebut akan membuat proses ngecas jadi tidak sama, ditambah lagi bila ponsel Kamu meluluskan arus 2A. Bila memang lupa bawa charger bawaan serta pinjam charger orang, lihat kualitas charger itu dengan cek voltase dan ampere dibagian kepala charger.

2. Tidak Sampai 100 %

Beberapa orang yang salah kaprah mengenai pengisian penuh. Sejumlah besar pemakai pasti isi daya baterei ponsel sampai 100 %. Walau sebenarnya ngecas ponsel yang paling baik malah bukan waktu penuh atau tapi seputar 80 % saja.

Jadi, buat Kamu yang seringkali main cabut waktu ponsel Kamu baru diisi sampai 80 - 90 % tak perlu cemas baterei cepat rusak. Malah seringkali isi daya begitu penuh pada beberapa handphone mempunyai potensi kurangi usia baterei.

Ada fakta ilmiah dibalik langkah ini. Saat daya baterei makin dekati kosong, baterei Li-ion menarik arus dengan cara stabil serta bekerja pada tegangan lebih rendah. Tegangan itu perlahan akan bertambah bersamaan pegisian daya yang sedang berjalan, lantas meningkatkan daya pada level 70 %, sampai kemampuan penuh.

3. Jangan Sampai Benar-Benar Habis

Langkah ngecas ponsel yang baik ialah saat daya ponsel tidak betul-betul habis. Jadi, saat daya baterei masih rata-rata 30 - 40 %, Kamu baru mencas ponsel Kamu. Janganlah sampai Kamu mencas ponsel saat baterei habis 0 % sebab akan membuat usia baterei menyusut.

4. Matikan Ponsel waktu Ngecas

Seharusnya, Kamu mematikan ponsel saat ingin mencas ponsel sebab akan tambah lebih konstan dibanding dalam kondisi menyala.

5. Turunkan Kontras Monitor Ponsel

Untuk catatan, bila Kamu ngecas ponsel dalam kondisi menyala, seharusnya Kamu turunkan kontras monitor ponsel. Kontras monitor ialah aspek terpenting yang membuat baterei ponsel Kamu bertambah cepat habis.

6. Jangan Sering Gunakan Power Bank

Power bank ialah benda elektronik yang seringkali jadi rekan pergi beberapa orang. Benda ini ialah penyelemat saat Kamu ingin masih tersambung dengan ponsel waktu baterei hampir kosong.

Pemakaian power bank untuk ngecas ponsel sebetulnya boleh-boleh saja. Tetapi, ngecas ponsel menggunakan power bank akan mempunyai potensi membuat usia baterei ponsel jadi menyusut. Serta, dapat membuat baterei ponsel drop.

7. Jauhi Ngecas Melalui port USB PC/ Laptop


Seharusnya, Kamu ngecas ponsel langsung tusuk ke stop contact atau terminal colokan listrik. Jangan ngecas ponsel dengan memakai port USB computer sebab isi daya melalui port USB laptop atau computer condong lamban mengingat arus yang masuk umumnya cuma 0, 5 A saja. Jangan sering atau lebih bagus jauhi isi daya ponsel dengan port USB di computer atau laptop.

8. Terlepas Casing Ponsel

Bila ponsel yang Kamu punya menggunakan casing, seharusnya saat dicas lepaslah casing-nya. Beberapa type ponsel umumnya jadi hangat saat dicas serta casing masih terpasang. Umumnya udara hangat ini ada sebab terhambatnya pembuangan udara panas saat pengisian.

9. Jangan Ditinggal Tidur

ponsel jaman now telah punyai pemutus arus automatis saat daya baterei telah penuh. Jadi beberapa orang yang telah tidak demikian cemas tinggalkan ponsel sekalian dicas waktu tidur. Tetapi perlu untuk diketahui, walau dibolehkan ngecas ponsel samalaman, ngecas yang baik malah ialah waktu pagi sebelum pergi kerja atau berkativitas.

Isi daya dengan cara terus-terusan dapat mengakibatkan munculnya susunan lithium metalik, yang mana lama kelamaan dapat kurangi kestabilan baterei serta membuat skema alami malfungsi serta reboot.

Fakta ke-2, mengecas baterei kelamaan akan membuat baterei terisi 100 %. Fakta paling akhir, tinggalkan ponsel dalam kondisi charging berjam-jam sampai semalaman, akan membuat panas berlebihan karena pemborosan daya yang terbuang sesudah kemampuan baterei penuh.

10. Pakai Baterei Ponsel Orisinal

Bila baterei ponsel Kamu telah drop, seharusnya Kamu mengubah baterei yang orisinal atau bawaan. Pemakaian baterei tidak hanya orisinal punyai kekuatan jelek pada ponsel. Bisa saja waktu dicas, baterei ponsel yang bukan bawaannya justru lebih lama pengisian dayanya dibandingkan baterei bawaan.

11. Temperatur Tinggi

Temperatur tinggi ialah lawan baterei awet. Kunci penting untuk perpanjang usia baterei ialah kontrol suhu. Seperti dalam tegangan tinggi, suhu tinggi akan mendesak baterei serta membuat kemampuan baterei hilang secara cepat dibandingkan jaga ponsel dalam suhu rendah. Jaga ponsel dalam temperatur 25-30 derajat celsius akan jaga kemampuan baterei di angka 80 %.

Bila menyimpannya dalam temperatur 40 derajat celsius, karena itu kemampuan baterei akan terbangun 65 %, serta di temperatur 60 derajat celsius atau 140 fahrenheit cuma akan mempersingkat umur baterei dalam tiga bulan.

Seharusnya isi daya cuma 15 sampai 20 menit saja tanpa ada biarkan penuh. Dalam ukuran waktu itu, permasalahan overheating dapat dijauhi, tetapi tidak dengan isi daya semalaman dengan fast charger.

Sesudah membaca penjelasan komplet langkah ngecas ponsel yang benar kamu dapat aplikasikan satu-satu pada handphone kamu. Mudah-mudahan dengan rutinitas ngecas ponsel yang baru membuat baterei ponsel kamu lebih bertahan lama serta tidak gampang rusak.

0 Response to "11 Langkah Ngecas Ponsel yang Benar, Baterei Awet serta Tahan Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel