Donwload Formasi CPNS PPPK 2021 WIlayah Aceh

Pemerintah telah memastikan bahwa tahun ini CPNS akan kembali digelar setelah tahun lalu sempat ditiadakan akibat pandemi covid di Indonesia.

Meski pandemi masih berlangsung hingga kini, namun Pemerintah sudah bersiap menggelar tes CPNS dengan menggunakan protol kesehatan yang sesuai standar.

Deputi Bidang SDM dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Teguh Widjinarko mengatakan bahwa pendaftaran CPNS tahun ini akan digelar pada bulan Mei-Juni 2021. Jadwal ini berbarengan dengan pendaftaran PPPK.

Menurut kabar terbaru bahwa CPNS tahun ini membutuhkan hampir sebanyak 1,3 juta formasi, lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. Alokasi terbanyak ada pada Pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota. Pemerintah Daerah membutuhkan sebanyak 1.221.816 pegawai baru, sedangkan Pemerintah pusat membutuhkan sebanyak 83.880 pegawai baru.

Kabar ini tentu sangat menggiurkan untuk para calon-calon pegawai yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Jumlah formasi yang banyak dibutuhkan tentu juga akan membuat pendaftar CPNS pada tahun 2021 ini diprediksi akan mengalami peningkatan.

Pada jadwal seleksi untuk ASN tahun ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) membaginya ke dalam tiga golongan yaitu CPNS, PPPK dan Sekolah Kedinasan.

Untuk jadwalnya, pendaftaran untuk sekolah kedinasan akan yang pertama dibuka yaitu pada tanggal 9 hingga 30 April 2021. Selanjutnya satu bulan kemudian akan dilanjutkan pendaftaran CPNS dan PPPK yang dimulai pada minggu ketiga Mei hingga minggu keempat bulan Juni.

Lebih lanjut untuk pengumuman kelulusan dari ketiga kategori belum ditentukan jadwalnya.

Karena sudah mendekat jadwal maka bagi para calon-calon pendaftar harus segera mempersiapkan diri. Pasalnya proses seleksi untuk menjadi ASN ini cukup panjang. Salah satu hal penting yang perlu disiapkan tentunya adalah dokumen-dokumen penting yang disyaratkan.

Adapun dokumen-dokumen tersebut antara lain adalah:

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkip Nilai
  5. Pas Foto
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Dokumen-Dokumen tambahan sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelumnya juga telah memastikan bahwa pendaftaran untuk menjadi ASN akan menggunakan satu portal yang sama baik CPNS, PPPK dan Sekolah Kedinasan.

Penggunaan satu portal ini dinilai akan proses pendaftaran menjadi lebih efektif dan memudahkan bagi para calon peserta. Selain itu untuk mendukung kelancaran dalam proses pendaftaran BKN juga telah melakukan berbagai pengembangan dan peningkatan fitur yang ada di dalam website resmi SSCASN.

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, untuk pendaftaran CPNS tahun ini para peserta tidak perlu lagi mengunggah sejumlah dokumen seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Bima Harya Wibisana selaku ketua BKN mengatakan bahwa portal resmi SSCASN kali ini sudah terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti.

Dalam website SSCASN yang sudah dikembangkan juga memungkinkan para peserta untuk mencari informasi mengenai ketersediaan formasi melalui satu portal. hal ini jauh lebih simpel dibanding sebelumnya yang harus melihat ke website masing-masing instansi.

BKN juga sedang mempersiapkan fitur tambahan berupa Face Recognition. Fitur ini nantinya akan berfungsi untuk mengidentifikasi wajah dari peserta tes agar dapat meminimalisir adanya calo dalam pelaksanaan ujian.

Informasi Terbaru Pengumuman Resmi CPNS 2021 dan P3K

Meskipun penerimaan CPNS yang secara resmi belum dimulai dan kabar terbarunya akan diumumkan pada Bulan Mei 2021 ini namun tidak sedikit yang terus memantau perkembangan informasi CPNS, baik itu mengenai pembaruan formasi daerah mana saja yang akan dibuka duluan ataupun tentang langkah-langkah pendaftarannya secara online.

Proses memantau dan mengamati perkembangan informasi terbaru CPNS ini bisa dilakukan di website SSCASN BKN dengan mengunjungi link SSCN BKN dari website tersebut, sedangkan untuk informasi P3K bisa cek di SSP3K BKN.

Jika memang telah tiba waktunya maka pendaftaran bisa dilakukan secara online, bagaimana caranya? Mungkin sebagian orang masih bingung karena mendapatkan kabar yang simpang siur.

Sistem pendaftaran online pasti akan menggunakan laman resmi sebuah website, untuk CPNS ya laman resmi pendaftaran CPNS. Tidak semuanya tahu link resmi ini, karena di zaman sekarang banyak sekali website di jagat maya yang membahas mengenai CPNS.

Bagi yang tahun lalu sudah pernah ikut tentu saja sudah tahu mana yang web resmi CPNS atau bukan. Tidak bagi yang baru akan ikut seleksi CPNS pertama kali.

Karenanya disini kami akan membahas mengenai Link Pendaftaran CPNS 2021.

Perlukah untuk dibahas? Tentu saja, terutama bagi calon peserta yang belum paham mengenai link CPNS resmi, sedangkan bagi yang sudah paham apalagi pernah mendaftar CPNS sebelumnya, silahkan skip saja ke laman lain yang juga membahas mengenai update terbaru dari info CPNS 2021, salah satunya mengenai Formasi CPNS Kemenkumham 2021.


Formasi CPNS PPPK 2021 KABUPATEN ACEH JAYA - DOWNLOAD

Formasi CPNS PPPK 2021 ACEH TENGGARADOWNLOAD

Formasi CPNS PPPK 2021 KOTA LANGSA DOWNLOAD

Formasi CPNS PPPK 2021 KABUPATEN GAYO LUES DOWNLOAD

Formasi CPNS PPPK 2021 KABUPATEN ACEH SINGKIL DOWNLOAD

0 Response to "Donwload Formasi CPNS PPPK 2021 WIlayah Aceh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel