Ini 3 Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Bermasalah



Ini 3 Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Bermasalah - Jenis printer dengan spesifikasi yang baik dan cukup banyak diminati yaitu printer Epson l120. Jenis printer ini memang banyak diminati para pengguna. Walaupun spesifikasi yang ditawarkan cukup lengkap dengan kualitas yang baik, tidak menutup kemungkinan terjadinya masalah atau gangguan pada printer. Terdapat banyak cara memperbaiki printer Epson l120 dilakukan agar printer dapat digunakan kembali.

Penyebab Printer Epson L120 Bermasalah

Printer yaitu perangkat hardware yang cukup sensitif sehingga perlu digunakan secara berhati-hati supaya bisa digunakan dalam waktu yang lama. Kebiasaan menggunakan printer dengan waktu yang sering juga dapat menimbulkan penyebab printer mengalami gangguan. Masalah atau kerusakan yang terjadi pada printer umumnya yaitu blinking atau terjadinya lampu pada printer yang terus berkedip.

Ketika lampu yang terdapat di printer berkedip terus menerus artinya terdapat sistem yang mengalami masalah pada printer tersebut. Terdapat keuntungan bagi pengguna printer Epson. Saat printer mengalami kerusakan dapat diketahui dari pesan yang bisa dilihat dari lampu yang terdapat di printer. Kerusakan lainnya yang bisa saja muncul pada printer sendiri adalah tinta yang harus diganti, gangguan di printer sehingga membutuhkan reset dan juga error lainnya pada printer.

Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Yang Bermasalah

Printer yang mengalami masalah dapat diperbaiki jika penyebabnya telah ditemukan. Masalah yang bisa saja muncul yaitu saat printer bermasalah lampu printer yang berkedip atau sering dikenal dengan istilah blinking. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat terjadi masalah di printer tersebut. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara memperbaiki printer Epson l120 saat mengalami bermasalah atau gangguan.

1. Membersihkan Sampah Yang Menyangkut di Printer

Sebelum melakukan perbaikan pada printer yang mengalami kerusakan atau error, periksa printer apakah terdapat benda asing yang tersangkut di dalam printer. Biasanya, benda asing ini akan menghambat kinerja printer. Selain itu, coba periksa komponen atau bagian printer yang rentan seperti mainboard, encoder, sensor paper, serta bagian penting lainnya. Periksa apakah komponen tersebut ada yang rusak dan bermasalah sehingga perlu diperbaiki.

2. Reset Langsung Printer Yang Error

Melakukan reset pada printer bisa langsung dilakukan dengan berbagai cara misalnya mereset langsung printer yang bermasalah. Cara ini merupakan cara yang cukup mudah dilakukan supaya dapat melakukan reset pada printer. Namun perlu diketahui, melakukan reset di printer dengan cara ini sifatnya tidak permanen atau hanya sementara saja. Masalah atau gangguan bisa saja terjadi lagi di lain waktu.

Printer yang di reset dengan cara langsung dapat dilakukan dengan cara melepas kabel printer kemudian tunggu hingga beberapa menit untuk mengistirahatkan printer sejenak. Setelah itu, coba nyalakan kembali printer dan tunggu aktivitas pada printer benar-benar berhenti beroperasi. Kemudian tekan tombol power dan juga tombol resume bersamaan dalam beberapa detik kemudian dilepas.

Jika sudah, tekan kembali tombol resume printer untuk beberapa saat dan berikutnya lepas tombol tersebut. Tunggu beberapa menit hingga aktivitas printer selesai. Saat lampu indikator di printer sudah mati, printer pun sudah siap dipakai kembali. Langkah ini akan membantu mengatasi masalah printer walaupun tidak berlaku secara permanen.

3. Gunakan Aplikasi Untuk Melakukan Reset Khusus Untuk Printer

Selain melakukan beberapa cara yang dipaparkan sebelumnya, mereset printer yang bermasalah juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi khusus memperbaiki printer. Cara ini akan membantu memperbaiki permasalahan blinking yang menyebabkan gangguan pada printer. Sebelumnya, install aplikasi yang dibutuhkan untuk mereset printer kemudian jalankan aplikasi.

Dalam menu model name, setelah itu pilih juga jenis printer yang perlu direset lalu tekan ok. Berikutnya akan ada beberapa pilihan yang ingin dijalankan dan klik pada pilihan waste ink pad counter lalu klik kembali menu ok. Setelah ini cukup pilih tombol centang pada main pad counter setelah itu bisa dilanjutkan dengan mengklik pilihan initialization. Proses restart pun akan dilakukan dari aplikasi tersebut. Saat lampu printer tidak menyala maka printer yang telah direstart sudah siap digunakan seperti biasanya.

Inilah rangkuman mengenai cara memperbaiki printer Epson l120 yang dapat dijadikan sebagai referensi ketika printer sedang gangguan. Untuk menghindari masalah seperti ini terjadi lagi, rawat printer dan perhatikan intensitas penggunaan printer supaya printer  tetap awet.

0 Response to "Ini 3 Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Bermasalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel