6 Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Xiaomi Mudah Tanpa Ribet



6 Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Xiaomi Mudah Tanpa Ribet - Bermacam merk smartphone telah masuk dalam pasar Indonesia, salah satunya produk android yang lumayan eksis Xiaomi. Seperti halnya setiap barang elektronik pasti akan mengalami beberapa gangguan misalnya touchscreen yang error. Walaupun pengguna akan dijamin oleh pusat servis layanan Xiaomi. Namun, tidak ada salahnya untuk menyimak 6 cara mengatasi touchscreen error pada Xiaomi mudah tanpa ribet.

1. Memastikan HP Pada Kondisi Normal Atau Tidak Panas

Penggunaan alat elektronik seperti HP dengan durasi waktu yang lama bisa memicu lama mesin menimbulkan efek panas, dan kondisi semacam ini mampu membuat beberapa permasalahan. Misalnya layar yang error bahkan menutupkan aplikasi secara mendadak.

Oleh karena itu apabila pengguna merasakan kondisi HP sangat panas alangkah baiknya jika berhenti sejenak untuk mengoperasikannya. Setelah beberapa saat maka permasalah-permasalah tersebut segera terkendalikan.

2. Membersihkan dan Mengecek Kondisi Pelindung Layar Secara Rutin

Salah satu penyebab touchscreen yang error adalah pelindung layar dengan kondisi yang kotor atau rusak. Sehingga akan terjadi gangguan semisal layar gerak sendiri atau pengguna sulit untuk menyentuh menu di dalamnya karena terus meleset.

Penggunaan pelindung layar memang sangat penting namun membersihkan pelindung secara rutin juga tidak kalah penting. Dan jika sudah rusak maka bisa melepaskan dan menggantinya dengan yang baru.

3. Mengecek Kondisi Charger dan Pastikan Gunakan Produk Asli

Pada Xiaomi cara memperbaiki touchscreen error berikutnya adalah dengan memastikan apakah ada arus listrik berlebihan pada HP tersebut. Sehingga changer yang digunakan sangat mempengaruhi kondisi ini. Ada baiknya jika pengguna selalu memakai produk charger asli keluaran dari Xiaomi juga, sehingga kondisi charger akan sesuai dengan kebutuhan HP dan layar yang error tidak akan lagi terjadi.

4. Mendownload Aplikasi Untuk Kalibrasi Touchscreen

Salah satu fungsi kalibrasi layar sentuh adalah mengembalikan dan mengkondisikan agar layar tetap pada posisinya. Misalnya merespons saat disentuh pada titik sentuh dan tidak terjadi loncatan mendadak. Maka kemudian dengan ini pengguna bisa memastikan kondisi kalibrasi HP Xiaomi masih normal atau tidak.

Adapun caranya bisa dengan menggunakan aplikasi pengecekan kalibrasi misalnya Touchscreen Calibration atau Multitouch Tester. Aplikasi-aplikasi Kalibrasi semacam ini sangat membantu untuk permasalah errornya layar HP. Jadi, tidak perlu lagi panik karena setelah mendownload aplikasi semacam ini pergerakan pada layar HP akan kembali normal.

5. Perlu Menu Safe Mode Diaktifkan dan Jangan Lupa Periksa RAM-nya

Salah satu penyebab touchscreen error karena banyaknya aplikasi yang berjalan. Apabila touchscreen error maka pengguna bisa menuju menu safe mode dan mengaktifkannya. Pengaktifan fitur membuat mode aktif untuk aplikasi asli atau bawaan dari HP sehingga untuk aplikasi tambahan tidak akan memakan banyak ruang pada RAM-nya.

Pasalnya terlalu berlebihan kapasitas RAM tentu akan membuat kondisi HP tidak berjalan seperti normal. Salah satunya juga akan dialami errornya layar. Sehingga dengan menonaktifkan beberapa aplikasi menjadikan HP akan lebih ringan dan permasalah akan segera teratasi.

6. Melakukan Reset Pada HP Xiaomi

Mereset smartphone memang menjadi andalan untuk memulihkan kondisi HP. Namun ada baiknya jika sebelum melakukan reset HP pengguna telah memindahkan data atau file penting ke tempat lain. Pasalnya salah satu kekurangan saat melakukan reset HP adalah hilangnya beberapa data karena proses mereset ini bisa menghapusnya.

Adapun langkahnya yang pertama dengan menekan bagian pengatur suara atau volume dan bagian power secara bersama. kemudian pilih menu factory reset dan tunggu beberapa saat hingga HP melakukan prosesnya dan selesai

Demikian itu beberapa tips yang bisa diterapkan sebagai cara mengatasi touchscreen error pada Xiaomi tentunya dengan mudah dan tanpa ribet. Jadi, sebagai pengguna setia Xiaomi bisa melakukan tips tersebut, namun jika tetap tidak berhasil maka bisa langsung menuju layanan servis Xiaomi terdekat.

0 Response to "6 Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Xiaomi Mudah Tanpa Ribet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel